Mengenal Masyaikh Yang Akan Hadir dalam Daurah “Miratsul Anbiya” ke-10 1435 H/2014 H (revisi)

 Asy-Syaikh DR. Khalid bin Dhahwi azh-Zhafiri hafizhahullah


Nama beliau tidak asing lagi bagi para pemerhati Daurah Nasional Masyikh yang berlangsung di Masjid Manunggal Bantul Yogjakarta setiap tahunnya ini. Terlebih lagi, bagi kalangan Salafiyyin di Nusantara ini, beliau benar-benar akrab bagi mereka. Karena memang beliau senantiasa aktif dan rutin datang ke Indonesia dalam momen Daurah Nasional yang merupakan daurah Ahlus Sunnah terbesar di Indonesia, yang kini diberi nama Daurah “Miratsul Anbiya”, dan telah memasuki tahun ke-10. Sejak tahun 2006 M, asy-Syaikh Khalid azh-Zhafiri hampir tidak pernah ‘absen’.
Beliau adalah salah seorang “orang penting” di situs http://sahab.net , salah satu situs salafiyyin paling bergengsi di dunia. Yang senantiasa menegakkan dan membela manhaj salafy di muka bumi dalam tataran international. Menjawab dan meruntuhkan berbagai syubhat para pengusung kebatilan dan hizbiyyah pada masa ini.
Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah mengatakan, bahwa beliau (asy-Syaikh Khalid) termasuk duat ke jalan Allah, dan termasuk orang paling kuat dalam Salafiyyah. Beliau memiliki semangat yang besar dalam memberikan dorongan terhadap Salafiyyin, baik di negeri arab maupun luar arab.
Asy-Syaikh Rabi’ juga menghimbau Salafiyyin untuk mengambil ilmu dari beliau. Sebaliknya barangsiapa yang selama ini mencela beliau, asy-Syaikh Rabi’ menasehatkan untuk menahan lisannya. Karena itu termasuk tindakan menghalangi dari jalan Allah.
Salah satu karya tulis beliau yang terkenal adalah, “Ijma’ al-’Ulama ‘ala al-Hajr wa at-Tahdzir min Ahlil Ahwa’”  yang dipuji oleh asy-Syaikh Rabi’ al-Madkhali hafizhahullah, asy-Syaikh Zaid al-Madkhali rahimahullah , dan asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah.
Beliau juga penulis kitab “Ats-Tsana’ al-Badi’ min al-’Ulama ‘ala asy-Syaikh Rabi’” yang sangat terkenal itu.

♦♦♦

Asy-Syaikh Usamah bin Sa’ud al-’Amri hafizhahullah 

Beliau adalah Ketua Bagian at-Taujih wa al-Irsyad Hai’ah Amar Ma’ruf Nahi Munkar Cabang Jeddah. Alumnus Fakultas Syari’ah Universitas Madinah Saudi ‘Arabia.
Belajar dan Berguru kepada :
Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin
Asy-Syaikh Muhammad Aman al-Jami
Asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin al-’Abbad
Asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri
Dan para ‘ulama mulia dan utama lainnya.
Beliau aktif sebagai pemateri di daurah-daurah Salafiyyah. Seperti Daurah “Amirul Mukminin Mu’awiyah bin Abi Sufyan” ke-14 di Hafrul Bathin Sya’ban 1435 H, dan Daurah Raihaniyyah di Turki ke-2 Sya’ban 1435.
Beliau juga sebagai musyrif (admin) situs besar “al-Waraqat as-Salafiyyah” (http://alwaraqat.net). Situs ini juga memiliki andil besar dalam menegakkan bendera Salafiyyah di tataran Internasional, di samping juga turut andil meruntuhkan syubhat-syubhat ahlul bid’ah.
Asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah mengatakan, bahwa asy-Syaikh Usamah al-’Amri termasuk di antara para murid beliau yang bersemangat dalam ilmu dan menyebarkan Sunnah, serta membela Sunnah tersebut dan para pengusungnya.

♦♦♦

asy-Syaikh DR. Badr bin Muqbil as-Sa’idi azh-Zhafiri hafizhahullah

Asisten Profesor dan Anggota Dewan Pengajaran bidang Aqidah Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah.
Meraih gelar doktor Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah pada tahun 1430 H. Di antara karya ilmiah beliau adalah “al-Mabahits al-Aqadiyyah al-Muta’alliqah bi Qabri an-Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam = Pembahasan Aqidah Terkait dengan Kubur Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam), yang salah satu pembahasan dari kitab tersebut pernah dipublikasikan di di situs sahab.net
Beliau banyak aktif turut serta sebagai pemateri dalam daurah-daurah Salafiyyah yang direkomendasi oleh masyaikh Sunnah. Di antaranya :
- Sebagai salah satu pemateri pada Daurah Ilmiah ke-7 di Hafrul Bathin, tahun 2007. Sebagai pemateri utama dalam daurah tersebut antara lain asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiri, serta masyaikh lainnya. Pada kesempatan tersebut, beliau (asy-Syaikh Badr) sebagai salah satu pemateri pada daurah cabang.
- Pada bulan Sya’ban 1435 H/2014 M kemarin, beliau sebagai salah satu pemateri utama dalam daurah “Amirul Mukminin Mu’awiyah bin Abi Sufyan” ke-14. Beliau memberikan pelajaran “al-Qawa’id al-Mutsla” karya asy-Syaikh al-’Utsaimin rahimahullah.
Penanggung jawab daurah di Hafrul Bathin adalah asy-Syaikh ‘Abdullah bin Shalfiq azh-Zhafiri hafizhahullah.
sumber : miratsul-anbiya.net

Related Posts